Kamis, 04 Mei 2017

Puisi Bunda

B U N D A
by Romy Sastra

Dari tetesan darahmu aku ada
dalam kandunganmu aku terfitrah
dan dalam kandunganmu jua
aku mengenal Allah.

Dari ASI itu aku tumbuh
dengan didikanmu aku bijaksana
oleh perhatianmu aku dewasa
dari tatapanmu aku tahu makna.

B U N D A,
dari kelembutanmu aku mengerti kasih
dari belaianmu aku tahu arti cinta
dengan tuntunanmu
ananda paham akidah.

B U N D A,
kini aku sudah dewasa
telah jauh darimu karena cinta kedua
kini kurindu ingin bersua
belajar dari cinta kasih sayang
yang pernah bunda ajarkan
di tanah tumpah darah lahir ke dunia
betapa berharganya didikan itu
Untuk kutitipkan juga sama cucumu nanti.

 B U N D A,
tunggulah aku di beranda itu
kembali
dari perantauan seberang pulau.

Anakmu dulu,
yang pernah ditimang-timang
pagi dan petang
di beranda rumah itu
bunda lepaskan aku ke sekolah.

kini si buah hatiku telah lahir ke dunia
'tuk melanjutkan tiranimu bunda
cucumu sudah dewasa
sayangnya tak pernah berjumpa.

Sekarang ini,
anakmu tahu makna sebagai nilai orang tua
darimu jua
terima kasih ya ayah bunda.

Dalam kerinduan ini
kupersembahkan puisi rinduku
untukmu bunda
tanpa ada tetesan air mata
kucoba 'tuk tegar menghadapi dunia
oh, bundaku.

HR RoS
Jakarta, 20-9-2015,  11,40

Tidak ada komentar:

Posting Komentar