Sabtu, 03 Juni 2017

Prosa

#Repost

"Prosa secangkir kopi untuk negeriku"

KETIKA MASA PULANG SEKOLAH
AKU DAN IKAN KECIL ITU
Oleh Romy Sastra II

Nagari Kubang Bayang
Pesisir Selatan, Sumatera Barat
memanggilku pulang, masa lebaran tahun kemaren, satu tahun telah berlalu. Kini, ia ranah itu seakan memanggil kehadiranku kembali.

Sinopsis kisah di sungai itu,
ia tetesan dari sumber berbagai mata air dari gunung, menyatu menjadi anak-anak sungai kecil. Riaknya aliran menjadi induk sungai "BATANG BAYANG" dari hulu mengalir ke hilir berlabuh ke muara.
Catatan harian, masa kecilku semasa pulang sekolah.
Aku terjun ke sungai bersama kawan-kawan setiap hari selalu kami lakukan.
Riang gembira berenang di sekitar air tenang di tempat pemandian,
air Batang Bayang membelah negeri-negeri kami sampai ke samudera.

Sungai itu, saksi sejarah alam untuk keberlangsungan berbagi kehidupan dan biota dari rahmat yang maha kuasa.
Menitipkan pesan pada kearifan alam untuk peradaban,
demi lestarinya regenerasi kehidupan negeri-negeri kami
yang terus berlanjut hingga kiamat nanti.

Kenapa aku tulis cerita secangkir kopi?"
Kukirimkan ke persada maya. Testimoni cerita masa kecilku,  untuk membangunkan anak-anak negeri yang telah tertidur mengenang masa kejayaan dulu.
Negeri kami dilimpahkan anugerah yang banyak dari sang pencipta alam.
Salah satunya adalah ikan-ikan yang berenang bersamaku ketika aku mandi di siang hari.
Segerombolan ikan berbondong-bondong mencubit kulitku, seakan-akan anak ikan itu mengajak bermain petak umpet riang gembira.
Menitip pesan pada cerianya ia ke rasaku, bagaimana melanjutkan masa depannya nanti, biar ia tak punah.
Dialog rasa yang menyentakkan kearifan diri, akan kehidupan biota di telaga sungai yang kuselami.

Masa kecil itu,
adalah masa terindah yang tak terlupakan hingga kini,
dulu aku berenang di suatu lubuk di sungai itu. Ikan-ikan kecil hingga sedang menyambut kedatanganku. Aku berenang di sela bebatuan, menyaksikan ikan-ikan itu dengan kaca mata renang yang aku buat sendiri.
Ikan-ikan itu seakan berbisik pada aksara mulutnya yang lucu, dengan berbahasa batin di lorong bebatuan di dalam sungai ia menyapa?"

"Haaiii ... Sastra? Selamat siang ya!"
Sudahkah kau pulang sekolah hari ini?"
"Aku menjawab sapaannya dengan bahasa batin juga serta dengan tatapan mesra.

"Ooohhh ... lirihku dalam hati,  indahnya sayap-sayapmu wahai ikan yang berenang, dan siripmu unik berkilauan di badanmu wahai ikan, kau adalah sahabat biota sungaiku.

"Ooo... ya Sas?
Ajari aku tentang makna cinta dan kasih sayang manusia terhadap kami di sungai ini, biar kami tak punah di kemudian hari nanti.
Padahal aku diciptakan untuk memenuhi konsumsi hidupmu sastra dan hajat hidup orang banyak juga.

"Aahhhh,
aku hanya diam beribu bahasa bahwa sang maha jiwa menitipkan pesan pada kelestarian alam di negeri kami.

********

Seperti biasa ketika hari mulai senja, aku terbiasa memancing di tempat pemandian itu,
menunggu pancingku mulai menyapa, dengan getaran-getaran kecil, seakan pertanda rezeki mulai ada.
Aku sempatkan menatap kunang-kunang malam menerangiku,
dengan sebuah pancing bermata kail dan secuil umpan untuk kularung ke dalam lubuk-lubuk ikan itu.
Berharap ada rezekiku pada senja ini yang akan aku bawa pulang untuk dimasak di rumah nanti.

Di keremangan malam,
aku duduk di bebatuan beberapa menit sambil menyambut sang rembulan menampakkan wajahnya di balik awan.
Tak berapa lama, umpanku di sambar ikan, aku haru harap-harap cemas semoga aku bisa mendapatkan ikan ini. Dan ternyata ikan itu memang aku dapatkan, ia menggeliatkan tubuhnya seakan ingin melepaskan diri, padahal bisiknya tadi siang, ia telah rela tubuhnya digoreng untuk dimakan, memang ia diciptakan untuk sebuah kehidupan juga.

Dekade demi dekade telah berlalu dan pada tahun yang lalu aku ke sana,
di tempat kenangan masa kecilku dulu bermandian.
Kawan-kawan kecil dulu,
aku sambangi mereka satu persatu mengajaknya ke tepian kenangan senja itu.  
"Aku bertanya pada mereka?!
kenapa rona sungai ini tak seindah dulu kawan?" dan ke mana ikan-ikan kecil sebagai sahabat kita dulu tak tampak lagi kini?
Lantas mereka menjawab dengan penuh semangat, dan sedikit berbahasa diplomatis. "Ya, Sastra. Bahwa tepian mandi kita dulu ini sudah tergerus banjir bandang berkali-kali dan ikan yang berenang bersamamu dulu telah punah sudah oleh prilaku segelintir orang kampung menyentrum bahkan meracuninya juga.

"Waahhh... ironis sekali, lirihku.

Ketahuilah Sastra, mereka yang menyentrum dan meracuni biota sungai itu adalah saudara-saudaramu juga lo sastra.
Ia adalah Jonal Pendra kakak kandungmu salah satunya.
Lantas aku kaget dan tertawa sejadi-jadinya, hahahaha... karena geli,
yang aku maki ya saudaraku sendiri.
Sayangnya kemaren aku pulang, dia tak sempat aku temui.
Ingin aku melarangnya dengan bahasa indah, bahwa membunuh ikan tanpa melindungi anak-anaknya kembali adalah kenistaan yang sempurna, dan biota sungai itu sejarah kita juga.

Bertanya pada goresan maya di lembaran ini, menitip pesan kepada Pak Wali Nagari pada kesan tirani sifat di kampung yang tak mau dimengerti akan lestarinya sungai itu kembali.

Dulu, masa kejayaan periode kepemimpinan daerah, ada aturan menjaga kelestarian sungai kita secara bersama-sama.
Bahkan rekomendasinya hingga ke badan hukum dengan peraturan ke pihak yang berwajib, dan aturan hukum adat tentang konsekwensi prilaku anak negeri itu sendiri.

Kini, dengan secercah harap
tertitip doa dan salam kepada aparat setempat di Negeri Kubang dan Bayang sekitarnya.
Tolong bangun kembali sistem melestarikan perikanan di sungai itu, biar ikon kehidupan sungai tak habis ditelan masa.

Kita semua berharap, kearifan dulu lestari kembali.

Siapa,
dan mengapa sebegitu punahnya regenerasi ikan itu di negeri sendiri.
"Aahhhh ....

HR RoS
Jakarta, 23-07-2016, 19:27

Tidak ada komentar:

Posting Komentar